Priit! Musim Mudik Dimulai, Ribuan Personil Digeser Jaga Posko

Karawangplus.com – Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2023 Polres Karawang yang dilaksanakan di Lapangan Karangpawitan, Senin 17 April 2023.

Hadir seluruh muspida mulai dari Ketua DPRD H Budianto SH, Dandim 0604 Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kajari Karawang Syaifullah SH MH dalam apel yang dipimpin langsung Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono. Apel ini diikuti segenap personil TNI-Polri, Dishub, BPBD, PMI, Dinkes dan seluruh mitra polri.

Dalam sambutannya, kapolres menyebut bahwa berdasarkan Survei Indikator periode 5 hingga 10 Mei 2022, terdapat 73,8% masyarakat merasa puas atas kinerja pemerintah dalam penyelenggaraan dan penanganan arus mudik tahun 2022.

“Penilaian positif tersebut harus menjadi pemacu semangat, sehingga pengamanan mudik tahun 2023 mampu dilaksanakan lebih baik,” ujar Kapolres.

Kemenhub RI sendiri memperkirakan potensi pergerakan masyarakat akan mengalami peningkatan dari 85,5 juta orang pada tahun 2022, menjadi 123,8 juta orang pada tahun 2023 atau meningkat 44,8%. Berkaitan dengan hal tersebut Presiden Joko Widodo menekankan agar seluruh pihak siap jika ada lompatan besar masyarakat yang mudik. “Dari 86 juta ke 123 juta dari survei. Artinya ada kenaikan kurang lebih 45 persen. Ini harus dihitung
dan dikalkulasi dengan baik,” baca kapolres menirukan amanah presiden.

Oleh sebab itu, Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk
melaksanakan pengamanan secara lebih optimal, melalui Operasi Terpusat
dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari sejak 18 April hingga 1 Mei 2023.

Operasi ini telah diawali tanggal 10 hingga 16 April 2023 dan akan dilanjutkan pasca operasi tanggal 2 hingga 9 Mei 2023.

Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya. Para personel tersebut nantinya akan menempati 2.787 Pos dengan rincian apresiasi dari masyarakat.

Sementara itu, Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana memberikan apresiasi dan semangat kepada segenap petugas yang akan berjaga di pos-pos jalur mudik. “Tetap semangat. Jadikan tugas ini sebagai sebuah kehormatan dalam melayani masyarakat. Jangan lupa pula jadikan motivasi sebagai bentuk ibadah di bulan suci,” tandasnya

Check Also

Jadi Tuan Rumah Hari Koperasi Nasional Tingkat Jabar, Kabupaten Karawang Sediakan Berbagai Macam Produk UMKM

Karawangplus.com – Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah dalam perayaan memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *