Lama tak Suntik Pasien, Teh Celli Kini Nyuntik Sapi

Karawangplus.com – Pemerintah Daerah Karawang bergegas cepat melakukan vaksinasi pada sapi guna mencegah sebaran virus Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang berbahaya. Setidaknya ratusan sapi telah divaksin di 4 kecamatan yang menjadi lokus kegiatan

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berujar monitoring ini sebagai upaya mempercepat tercapainya target vaksinasi PMK sapi. “Hari ini saya melakukan kegiatan monitoring vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada ternak sapi dan kerbau Kabupaten Karawang,” terang wanita berjilab ini.

Kegiatan vaksinasi ternak merupakan langkah yang tepat untuk mencegah penularan hewan ternak di Kabupaten Karawang dari PMK. Bahkan, dia sendiri yang menyuntikannya langsung. “Biasanya saya nyuntik pasien, tapi udah puluhan tahun gak nyuntik lagi. Lama gak nyuntik pasien, sekarang nyuntik sapi,” canda Cellica sambil tertawa.

Vaksinasi sapi ini, kata dia, dimulai tanggal 25 Juni 2022 dengan lokus 4 kecamatan. Yakni Klari 100 dosis, Pangkalan dan Tegalwaru 300 dosis dan Telukjambe Barat 100 dosis. Ratusan sapi dalam tempo beberapa hari ini sudah selesai kita suntik vaksin.

Petugas pelaksana dikerjakan oleh tim vaksinator dan petugas IB serta dibantu medik dan paramedik bidang peternakan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang. “Pelaksanaan vaksinasi PMK akan di ulang setelah satu bulan kedepan dengan sasaran yg sama,” ujar Cellica.

Kegiatan ini, kata dia, sudah ditunggu-tunggu oleh para peternak. “Makanya setelah vaksin tiba, saya langsung menginstruksikan dinas terkait untuk segera turun dan bergerak ke lapangan,” tukasnya.

Dengan menekan laju sebaran virus, ia berharap Hari Raya Idul Adha berjalan dengan baik tanpa ada kekhawatiran. “Harapannya, setelah vaksin diberikan, seluruh sapi di Karawang sehat serta siap dikonsumsi untuk menyambut Hari Raya Idul Adha yang akan jatuh tanggal 9 Juli nanti,” tutup Cellica. (fahmi)

Check Also

Kembali Gelar Semarak Ramadan, PT Pind Deli Bagi Ribuan Takjil dan Salurkan Zakat Para Karyawan

Karawangplus.com – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Management PT Pindo Deli kembali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *