Home / Metro / Usai Lebaran, 32 Ribu Pencari Kerja Diprediksi Serbu Karawang

Usai Lebaran, 32 Ribu Pencari Kerja Diprediksi Serbu Karawang

Petugas Disdukcatpil melakukan operasi yustisi.

Karawangplus.com – Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil menggelar operasi simpatik administrasi kependudukan di terminal Klari , Kamis (21/6). Warga yang datang maupun yang sudah berada di terminal Klari diperiksa petugas Disdukcapil, Satpol PP dan dibantu petugas Kepolisian serta petugas Dishub Karawang untuk menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang, Yudi Yudiawan mengatakan, operasi simpatik yustisi digelar dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat tentang adamunistrasi kependudukan.

“Operasi yustisi kependudukan ini merupakan kegiatan rutin Disdukcapil dalam rangka upaya taat perda dan peraturan Bupati terkait tertib administrasi dan ini pertama kalinya dilakukan pasca Idul Fitri ,” ujarnya.

Dikatakan, pemeriksaan KTP dilakukan pada momen arus balik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, di mana diperkirakan akan ada ribuan warga dari beberapa yang masuk ke Karawang.

Yudi mengaku, jika Operasi Yustisi dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan penduduk di Karawang akibat masuknya pendatang. Pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait yaitu Satpol PP sebagai penegak Perda.

Disdukcapil melakukan penertiban dan sosialisasi berupa pemeriksaan dokumen kependudukan. Tujuannya, memberikan peringatan kepada masyarakat untuk selalu membawa dokumen kependudukan.

“Ini adalah upaya pembinaan administrasi kependudukan yang kita lakukan. Masyarakat yang ingin menetap di Karawang melaksanakan ketentuan yang berlaku di kota industri ini,” ujarnya.

Sementara untuk data, kata Yudi jumlah pendatang baru didominasi pencari kerja dengan perbandingan 60 pendatang dan 40 penduduk Karawang. Data sejak Januari hingga Juni jumlah pendatang yang lapor sekitar 11.600 orang dan diprediksi pada tahun 2018 jumlah pendatang akan mencapai angka 32 ribu.

Sebagai perbandingan dalam tiga tahun terakhir jumlah pendatang ke Karawang terus meningkat setiap tahunnya Tahun 2016 ada 30 ribu pendatang, naik pada tahun 2017 menjadi 31 ribu dan diprediksi pada tahun 2018 sekitar 32 ribu pencari kerja.

“Dalam setiap tahunnya jumlah pendatang yang datang ke Karawang terus naik secara signifikan,” pungkasnya.

Check Also

Kades Dirampok, Dana Desa Ratusan Juta Melayang

Karawangplus.com – Komplotan pencuri menggunakan modus gembos ban mobil beraksi di Karawang. Kali ini korbannya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!