Home / Loker / UMK Naik, Menperin Pastikan Tidak Ada Perusahaan Yang Pindah

UMK Naik, Menperin Pastikan Tidak Ada Perusahaan Yang Pindah

Karawangplus.com – Kenaikan upah minimum sempat memengaruhi dunia industri, terutama di luar industri utama. Maka dari itu sempat muncul wacana para pengusaha pindah lokasi. Namun, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menegaskan, kendati mereka pindah, tidak akan sampai ke luar negeri.

“Untuk sektor elektronik, otomotif, farmasi dan yang memang nilai tambahnya lebih tinggi tidak terlalu menjadi masalah. Namun di luar itu memang secara natural akan bergeser ke daerah lain tetapi masih di wilayah Indonesia. Di luar negeri pun kecenderungan (upah-red) lebih tinggi. Seperti di Thailand itu sudah mengundang tenaga kerja dari negara Indo-China,” kata dia usai meresmikan pabrik obat injeksi PT Ethica Indusi Farmasi di Jababeka, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi, Kamis 23 November 2017.

Dirinya memastikan tidak ada perusahaan yang pindah akibat kenaikan upah tenaga kerja. Meski kenaikan upah cukup berpengaruh, namun diyakini industri tanah air masih menjadi idaman para pengusaha untuk menanamkan modal.

Terlebih di Jawa Barat yang memiliki kawasan industri yang kuat, seperti di wilayah Bekasi, Karawang dan Purwakarta. “Bekasi, Karawang dan Purwakarta itu merupakan region atau daerah yang ekonominya paling dinamis di Asea Tenggara. Industri di sini kontribsinya untuk Jawa Barat adalah 40 persen. Maka kami harap seluruh stakholder untuk percaya diri,” ucap dia

 

Check Also

Ini Kekhawatiran Pengusaha Di Karawang Akibat Kenaikan UMK

Karawangplus.com – Upah minimum kabupaten (UMK) Karawang yang menjadi Rp3,9 juta pada 2018 dikhawatirkan akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!