Home / Profil / Tingkatkan Inovasi Produk Olahan Ikan, Dinas Perikanan Gelar Pelatihan

Tingkatkan Inovasi Produk Olahan Ikan, Dinas Perikanan Gelar Pelatihan

Pelatihan bagi pelaku usaha pengolahan ikan.

Karawangplus.com – Hasil perikanan di Kabupaten Karawang bukan hanya menguntungkan bagi nelayan, namun bagi usaha Pengolahan Ikan menjadi bisnis yang  menggiurkan.

Dinas Perikanan Kabupaten Karawang terus melakukan inovasi dalam memberikan pelatihan bagi pelaku usaha Pengolahan Ikan, agar bisa menciptakan peluang di era industri 4.0.

Salah satu tugas Dinas Perikanan Kabupaten Karawang dalam mendukung RPJMD tahun 2016-2021 yaitu meningkatkan pendapatan pengolah ikan.

Untuk meningkatkan pendapatan para pengolah ikan, maka produksi olahan ikan harus ditingkatkan pula. Target produksi olahan ikan pada tahun 2019 adalah sebesar 36.198,36 Ton.

Namun kondisi saat ini ada sejumlah Kendala yang dihadapi oleh para pengolah ikan di Kabupaten Karawang.Salah satunya adalah jenis olahan yang kurang beragam. Oleh karena itu, pada tahun 2019 Dinas Perikanan Kabupaten Karawang melaksanakan Kegiatan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan dengan melibatkan para pelaku usaha perikanan untuk kelas pemula maupun kelas lanjut sebanyak 30 orang.

Pelatihan bagi pelaku usaha untuk berinovasi olahan ikan.
Pelatihan juga melibatkan Asosiasi Perikanan Karawang.

 

 

 

 

 

 

 

“Diharapkan ilmu yang diperoleh para pelaku usaha tersebut dapat ditularkan kepada anggota yang lainnya,” ujar Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Karawang Hendro.

Pelatihan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan ini bekerjasama dengan Poltek Kelautan dan Perikanan Karawang. Hasil pelatihan yang diperoleh peserta adalah selain memperoleh ilmu, mereka memperoleh sertifikasi dari BNSP, selain itu juga, produknya mendapat sertifikat halal.

Check Also

DPRD Karawang Gelar Paripurna Nota Pengantar APBD Perubahan 2019

Karawangplus.com – DPRD Kabupaten Karawang menggelar rapat paripurna dengan agenda penetapan persetujuan rancangan KUA-PPAS Perubahan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!