Home / Profil / Aplikasi Tangkar Resmi Diluncurkan, Warga Mengadu Cukup via HP

Aplikasi Tangkar Resmi Diluncurkan, Warga Mengadu Cukup via HP

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana launching aplikasi Tangkar.

Karawangplus.com – Pemerintah Kabupaten Karawang, melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching aplikasi portal pengaduan masyarakat berbasis teknologi yakni Aplikasi Tanggap Karawang (Tangkar).

Launching aplikasi yang bisa diunduh di PlayStore ini dilakukan setelah sebelumnya pihak Dinas Kominfo melaksanakan pelatihan bagi para admin baik dari perangkat daerah, kecamatan, instansi vertikal maupun BUMN/BUMD.

Acara launching aplikasi Tangkar ini selain dihadiri para peserta yang berasal dari kalangan pegawai Pemkab dan masyarakat, juga dihadiri oleh sejumlah unsur Muspida yakni Bupati Karawang, Kapolres Karawang, dan Kajari Karawang.

Kepala Dinas Kominfo Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, tujuan launching aplikasi Tangkar untuk memperkenalkan sekaligus mensosialisasikan aplikasi yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas.

Warga akan lebih mudah mengadu dengan adnaya aplikasi Tangkar.

Dibangunnya aplikasi Tangkar ini, katanya, merupakan layanan aspirasi dan pengaduan online. masyarakat Karawang berbasis android, web, SMS Gateway, dan media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu dan tuntas.

Setiap pengaduan yang masuk melalui aplikasi android, langsung tersimpan di sistem. Selanjutnya, untuk saluran saluran pengaduan lainnya, akan dicatat dan diverifikasi oleh tim admin Tangkar. Status aduan bisa dicek melalui website Tangkar dan aplikasi android untuk masyarakat. “Jadi masyarakat tau, apakah laporan kita sudah diselesaikan, sedang dikerjakan ataupun masih dalam tahap proses verifikasi,” katanya.

Sementara itu , Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana berharap kepada masyarakat agar benar-benar memanfaatkan aplikasi Tangkar dengan baik. Bupati menuturkan, saat ini pengaduan masyarakat belum efektif dan efisien. Dimana masyarakat sering menyalurkan pengaduannya ke saluran atau situs yang tidak resmi di pengaduan daerah, tetapi banyak di forum media sosial non pemerintah.

“Sekarang, masyarakat bisa mengadukan aduan terkait pelayanan ke aplikasi Tangkar. Juga kita punya SMS Gateway bagi yang tak punya smartphone android. Juga bisa diakses melalui website. Kita, Pemkab Karawang benar-benar berusaha melayani masyarakat dengan baik dan tentunya tidak melalui proses yang ribet,” kata Bupati.

“Saya juga sudah memerintahkan para Kades dan Camat untuk pro aktif di media sosial, ini dilakukan agar segala aduan bisa cepat tertanggapi,” ujar Bupati lebih lanjut.

Bupati juga berpesan kepada admin Tangkar agar bisa bekerja semaksimal mungkin untuk melayani pengaduan dan aspirasi dari masyarakat Kabupaten Karawang. Kegiatan launching tersebut juga dibarengi launching penyampaian informasi inovasi-inovasi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Check Also

Mega Proyek Pedestrian Disorot DPRD Karawang

Karawangplus.com – DPRD Kabupaten Karawang menilai Dinas PUPR tidak serius dalam mengurus masalah Pendestrian yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!