UBP Gelar Mata Kuliah Jati Diri Kebangsaan

Karawangplus.com – Universitas Buana Perjuangan (UBP) mengadakan Seminar Nasional Jatidiri Bangsa yang bertemakan Tantangan Kebangsaan di Era Digital di Aula UBP Karawang, pada hari, Selasa, (23/01/2024).

Ketua Pembina Yayasan Buana Pangkal Perjuangan (YBPP) Karawang, Letnan Jenderal TNI (Purn.) Kiki Syahnakri mengungkapkan, Seminar ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa.

“Ini memang merupakan mata kuliah wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa, karena sesuai visi dari perguruan tinggi ini. Lalu kemudian untuk itu, maka setiap tahun agar diadakan seminar seperti ini yang temanya kebangsaan setiap 2 kali dalam setahun,” ungkap Kiki Syahnakri.

Tambah Letjen TNI (Purn.) Kiki Syahnakri, melalui seminar tersebut, ia ingin menjadikan lulusan ini mempunyai karakter yang unggul dan mempunyai kesadaran untuk membela bangsa dan negaranya.

“Latar belakangnya kegiatan hari ini yaitu, ingin menjadikan perguruan tinggi ini berwawasan kebangsaan dan bereputasi internasional, artinya lulusannya yang berwawasan kebangsaan. Karena tadi kita ingin mencetak lulusan yang hanya memiliki kompetensi tinggi saja, tapi harus memiliki karakter yang unggul yang memiliki kesadaran kebangsaan nasionalisme untuk membela bangsa dan negaranya,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor UBP Karawang, Prof. Dedi Mulyadi, SE., MM. Memaparkan, Mata kuliah jati diri Kebangsaan ini tidak sertamerta hanya memberikan pelajaran di dalam kelas, namun siswa akan melakukan penelitian atau kajian ke tempat-tempat bersejarah yang berada di Karawang.

“Intinya mata kuliah jati diri Kebangsaan ini tidak serta merta kita hanya memberikan pelajaran di kelas, tetapi juga kita mengetahui bagaimana kondisi sejarah Karawang terlebih dahulu. Artinya adalah siswa akan melakukan penelitian atau kajian ke tempat-tempat bersejarah yang ada di Karawang. Seperti, Monumen Rawa Gede, dan Rumah yang dijadikan untuk Pembuatan Naskah Proklamasi Di Rengasdengklok. Saya kira sejarah-sejarah itu yang tidak boleh dilupakan oleh anak muda, bahwa jadi negeri ini karena memang berkat pejuang-pejuang dimasa dimasa lalu, oleh karena itu Mata kuliah Jati Diri Bangsa buat di UBP Karawang menjadi khasan di perguruan tinggi,” ucap Dedi.

“Bahkan beberapa perguruan tinggi yang datang ke UBP merasa tertarik untuk ikut menggunakan sistem kurikulum yang menggunakan Jati Diri Bangsa ini,” tutupnya.

Penulis: Adjie

Check Also

Lima WBP Lapas Karawang Usia 70 Tahun ke atas Terima Remisi Lansia

Karawangplus.com- Sejumlah warga binaan Lanjut Usia (Lansia) berusia 70-an tahun ke atas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *