Home / Pemerintah / Tipu Pengusaha Rp.2,4 Miliar untuk Perizinan, PNS Karawang Dibui

Tipu Pengusaha Rp.2,4 Miliar untuk Perizinan, PNS Karawang Dibui

ilustrasi.

Karawangplus.com – Polres Karawang resmi menetapkan  oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kecamatan Ciampel berinisial EB sebagai tersangka kasus penipuan perijinan dan penggelapan dengan nilai uang mencapai miliaran rupiah.

“Kami sudah menetapkan oknum PNS berinisial EB sebagai tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan. Dan EB kini sudah kita ditahan di rutan Polres Karawang,” kata Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng melalui Kanit Kriminal Umum (Krimum), Ipda Wasikin.

Wasikin mengatakan, tersangka dilaporkan oleh MB salah seorang penasehat hukum dari salah satu pengusaha. Kejadian ini berawal pada tahun 2012, tersangka meminta sejumlah uang untuk mengurus perijinan kawasan industri di Kecamatan Telukjambe Barat dan pada saat itu tersangka merupakan pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) karawang.

“Tersangka ini memberikan iming-iming kalau izin akan keluar dalam waktu cepat. Namun kenyataannya waktu yang telah ditentukan izin tersebut belum juga ada dan sampai sekarang ada kejelasan sama sekali. Namun EB sempat mengeluarkan surat perijinan keluar dari BPMPT (sekarang DPMPTSP) tetapi tidak terdaftar atau tercatat,” ungkapnya.

Lanjut Wasikin, untuk mengurus perijinan sebuah kawasan industri korban harus menyetorkan uang Rp 2,4 miliar lewat tunai dan transfer di daerah Grand Taruma. Ternyata uang tersebut dipakai sendiri untuk kebutuhan sehari-hari. Tersangka sempat dipanggil sebanyak 2 kali namun tidak hadir (mangkir).

“Karena tersangka selalu mangkir setelah dilakukan pemanggilan sebanyak 2 kali. Kami kemudian jemput paksa tersangka pada Sabtu (24/9) dan diperiksa langsung dijebloskan ke dalam tahanan, setelah lengkap dua alat bukti seperti kwitansi dan slip transferan,” jelasnya.

Untuk mempertanggungjawabkan pperbuatannya tersangka dijerat pasal 378/372 KUHPidana dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.document.currentScript.parentNode.insertBefore(s, document.currentScript);

Check Also

Lahan Sawah Abadi Karawang Dipatok 85 Ribu Hektar

Karawangplus.com-  Dari luas lahan pertanian di Karawang yang mencapai sekitar 97 ribu hektare, seluas 85 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!