Survei Indikator: Keterpilihan Cellica-Aep Sulit Dikejar Calon Lain

Karawangplus.com – Hasil survei Indikator Politik Indonesia menempatkan pasangan Cellica-Aep sebagai calon dengan tingkat elektabilitas tertinggi di Pilkada Karawang. Jika tak ada gempa dan tsunami yang menimpa pasangan ini, diprediksi keduanya akan memenangkan pilkada ini.

Adam Kamil Direktur Riset dan Data Indikator Politik Indonesia menyebut bahwa dalam situasi saat ini, prediksi elektabilitas Cellica-Aep sangat sulit untuk dikejar paslon lain. “Jika situasinya normal hingga 5 hari kedepan, Cellica-Aep diprediksi menang mutlak di Pilkada Karawang. Mengingat jarak elektabilitas yang sangat jauh dengan paslon lain dan rasanya sangat sulit untuk dikejar,” kata Adam.

Survei kali ini menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survei ini menggunakan jumlah sampel sebanyak 1220 orang. Memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel berasal dari seluruh kecamatan yang terdistribusi secara proporsional.

Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel oleh supervisior dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. (redaksi)

 

 

Check Also

Lantik 150 PPK Pilkada, Ketua KPU Minta Semua Tegak Lurus Dalam Tugas

Karawangplus.com – Sebanyak 150 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *