Home / Loker / Setahun, 10 TKI Asal Karawang Tewas Akibat Diperkosa Hingga Disiksa Majikannya

Setahun, 10 TKI Asal Karawang Tewas Akibat Diperkosa Hingga Disiksa Majikannya

Karawangplus.com – Sebanyak 10 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang meninggal dunia selama 2017. Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang menyebutkan TKI yang meninggal tersebut, penyebabnya bervariasi. Mulai dari disiksa majikannya, diperkosa sampai kecelakaan terjatuh dari kapal.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto, mengatakan, TKI yang meninggal dunia itu yang tercatat di instansinya. Bisa saja, di lapangan datanya lebih dari itu. Mengingat, sampai saat ini masih banyak warga Karawang yang menjadi TKI secara ilegal.

“Makanya, kami terus menyisir dan membuka posko pengaduan untuk masyarakat. Bila ada yang berkaitan dengan TKI, sebaiknya dilaporkan,” ujar Suroto

Menurut Suroto, pihaknya sudah berupaya untuk mengajak masyarakat yang hendak jadi TKI, untuk menempuh jalur resmi. Terhitung 1 Agustus kemarin, TKI yang mendaftar secara resmi otomatis jadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Jadi, bila ada hal-hal tak diinginkan selama di luar negeri, misalkan kecelakaan saat bekerja bisa diuruskan asuransinya.

“Bahkan, di 2018 kita akan permudah pelayanan TKI resmi. Dengan pelayanan terpadu satu pintu di disnaker. Semuanya bisa diurus di satu tempat,” ujarnya.

Menurut Suroto, sampai saat ini warga Karawang yang tercatat sebagai TKI jumlahnya mencapai 2.688 orang. Mereka bekerja di berbagai negara. Seperti Asia Timur, Taiwan, Cina, Hongkong dan Arab Saudi.

Check Also

Ini Kekhawatiran Pengusaha Di Karawang Akibat Kenaikan UMK

Karawangplus.com  – Upah minimum kabupaten (UMK) Karawang yang menjadi Rp3,9 juta pada 2018 dikhawatirkan akan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!