Serapan Anggaran Melempem, Bupati Sindir Sekda

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.

Karawangplus.com – Realisasi penyerapan anggaran pendapatan dan belanja daerah Pemerintah Kabupaten Karawang sebulan menjelang berakhirnya tahun anggaran masih melempem. Hal ini membuat Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana geram.

“Masih minimnya serapan anggaran ini harus menjadi perhatian,” ujar  Cellica Nurrachadiana di sela – sela acara di aula Husni Hamid, Rabu (15/11).

Ia membeberkan, hingga 13 November 2017, realisasi pendapatan daerah baru mencapai 76,23 persen. Sedangkan realisasi belanja baru mencapai 60,37 persen. Kondisi tersebut menurutnya sangat ironis, karena tahun anggaran 2017 tersisa 1,5 bulan, dan efektif sebulan lagi akan berakhir.

Oleh karena itu, Bupati mengintruksikan agar seluruh pejabat di lingkungan Pemkab Karawang segera melaksanakan kegiatan atau pekerjaan yang telah diprogramkan.

“Serapan anggaran itu harus terus dioptimalkan. Tapi dalam merealisasikan anggaran itu tetap harus memperhatikan ketentuan yang berlaku,” katanya.

Ia meminta kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diketuai oleh Sekda agar bekerja optimal, sehingga tidak ada Sisa Lebih Perhitungan Anggara (SiLPA) yang besar diakhir tahun. Tak lupa, Ia juga mengingatkan agar masing-masing organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang ke depannya mematok anggaran sesuai dengan kebutuhan kegiatan.

“Ini catatan buat Pak Sekda , TAPD. Jadi kalau kira-kira tidak bisa terserap, lebih baik jangan mengajukan kegiatan,” seru Cellica.

Ternyata tak hanya itu, jiak pelaksanaan realisasi serapan anggaran nantinya akan menjadi salah satu bahan pertimbangan dalam pelaksanaan mutasi pegawai.

Check Also

Hari Pertama Kerja, Cellica-Aep Keliling Cek Absensi Pegawai

Karawangplus.com – Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana didampingi Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh melakukan pengecekan kehadiran …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *