Panwascam se-Kabupaten Karawang Lakukan Tes Wawancara Terhadap Calon PKD, Diantaranya Panwascam Kotabaru

Karawangplus.com – Badan Pengawas Pemilu kabupaten Karawang secara serentak menggelar tahapan wawancara calon PKD se-kabupaten Karawang yang dilakukan oleh Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Karawang menjelang Pilkada 2024.

Diantaranya, Panwascam Kotabaru setelah dilantik dan dilakukan bimbingan teknis langsung melaksanakan tahapan Wawancara terhadap calon Pengawas Kelurahan/Desa (PKD), pada Selasa, (28/05/2024).

Kordiv SDMO dan Diklat, Rizal Fuad Muttaqin mengungkapkan, bahwa tes wawancara PKD ini dilaksanakan tanggal 27-28 dengan jumlah pendaftaran dari seluruh kabupaten itu sebanyak 540 peserta dari 309 desa dan 30 kecamatan.

“Jadi di Karawang itu yang ikut tes wawancara PKD ini ada 540 peserta dengan 309 desa dari 30 kecamatan. Tes wawancara ini juga dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 27 sampai 28 mei,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rizal menjelaskan, adapun kebutuhan dari 30 kecamatan itu menyesuaikan dengan jumlah yang ada di kecamatan masing-masing, seperti di kecamatan Kotabaru ini ada 9 desa maka dari itu 9 orang yang akan di tunjuk dengan satu desa 1 orang.

“Kalo kebutuhan dari 30 kecamatan itu bisa menyesuaikan dengan jumlah desa yang aea di kecamatan nya masing-masing jadi untuk PKD satu desa satu orang. Adapun perekrutan PKD ini masih sama dengan rekrutmen panwascam kemarin, jadi dari 2 orang tersebut yang lolos satu dan untuk yang 1 akan dieliminasi,” ujarnya.

Kendati demikian, Rizal berharap untuk PKD terpilih bisa melaksanakan tugasnya sesuai kewenangan, kewajiban, dan terutama untuk PKD yang terpilih ini harus punya integritas yang kuat.

“Saya berharap PKD yang terpilih nanti harus bisa melaksanakan sesuai kewenangan dan kewajiban, terutama harus punya integritas yang kuat karena PKD inikan kerjanya langsung berhadapan dengan masyarakat di desanya masing-masing dan PKD ini kan terntunya kepanjangan tangan dari Panwascam itu sendiri,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panwascam Kotabaru, Suryana mengatakan, bahwa peserta yang ikut tes wawancara di kecamatan Kotabaru pada hari ini ada 17 orang dengan kebutuhan 9 0rang untuk 9 Desa.

“Kalo di kotabaru hari ini yang tes wawancara ada 17 orang dari 9 desa, dengan kebutuhan satu desa satu orang jadi nanti ada 8 peserta yang tidak lolos,” ujarnya.

Dikatakannya, setelah tes wawancara tahapan selanjutnya yaitu penetapan PKD yang lolos seleksi dilanjut pelantikan PKD terpilih.

“Sesudah tes wawancara hari ini tahapan selanjutnya penetapan PKD yang lolos seleksi setelah itu, maka di lanjutkan pelantikan PKD terpilih pada tanggal 1-2 juni,” katanya.

Ia juga berharap, untuk PKD yang terpilih nanti harus bisa mengemban tugas dan amanah dengan penuh tanggung jawab dalam bekerja mengawasi tahapan pemilihan, bekerja lebih solid tegak lurus, dan bisa saling berkomunikasi dengan baik di antara PKD dan panwascam demi terciptanya pemilihan yang jujur dan adil.

“Kami berharap untuk PKD yang nanti terpilih harus bisa mengemban amanah dengan penuh tanggung jawab dalam mengawasi tahapan pemilihan, lebih solid tegak lurus, dan bisa saling berkomunikasi dengan baik diantara PKD dan Panwascam demi mewujudkan pemilihan yang jujur dan adil,” pungkasnya.

Check Also

Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Gelar Turnamen Badminton Sebagai Upaya Promosi Kampus

Karawangplus.com- Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Karawang menggelar turnamen terbuka bulu tangkis di Gor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *