Lima WBP Lapas Karawang Usia 70 Tahun ke atas Terima Remisi Lansia

Karawangplus.com- Sejumlah warga binaan Lanjut Usia (Lansia) berusia 70-an tahun ke atas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang, menerima Remisi Lansia.

Pemberian remisi lansia diberikan kepada Warga Binaan sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM nomor 16 Tahun 2023 pasal 29 ayat 1 yang menyebutkan remisi atas dasar kepentingan kemanusiaan diberikan kepada narapidana yang dipidana paling lama tahun, berusia diatas 70 tahun atau menderita sakit berkepanjangan.

Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar menjelaskan, penerima Remisi Lansia ini sebanyak Lima orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sudah sesuai persyaratan.

“Mereka ini WBP yang sudah berusia diatas 70 tahun yang terima remisi, satu WBP mendapat Remisi Lanjut Usia II atas nama Sunaryo bin Ahmad langsung bebas karena meninggal dunia,” terang Kepala Lapas Kelas IIA Karawang, Christo Toar, pada Sabtu, (8/6/2024).

Menurut Kepala Lapas Karawang, syarat untuk menerima remisi Lansia ini, antara lain, berusia 70 tahun keatas dan berkelakuan baik selama menjalani pidana.

“Untuk remisi lanjut usia I masing – masing warga binaan menerima remisi dengan besaran 4 (empat) bulan untuk satu orang, 5 (lima) bulan untuk tiga orang,” imbuhnya.

Pemberian SK Remisi Lansia ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor : PAS-967.PK.05.04 Tahun 2024 Tentang Pemberian Remisi Usia Diatas 70 Tahun Tahun 2024.

Sementara itu, penyerahan SK Remisi Lansia yang berlangsung di Ruang Besuk Lapas Kelas IIA Karawang tersebut berjalan dengan aman dan tertib.

Check Also

Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Gelar Turnamen Badminton Sebagai Upaya Promosi Kampus

Karawangplus.com- Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Karawang menggelar turnamen terbuka bulu tangkis di Gor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *