Laporkan Hoax ‘Minum Kencing’ Picu Keonaran, Pelaku Bisa Dibui 10 Tahun

Karawangplus.com – Peristiwa itu bermula akibat postingannya di media sosial yang dianggap provokatif dan menyudutkan Persika 1951, salah satu klub sepak bola di Karawang.

Sesuai dengan keterangannya, pelapor Gusti sebelumnya mengaku kalau saat kejadian, dirinya disekap, dianiaya dan dicekoki minuman beralkohol hingga dipaksa minum air kencing oleh terlapor.

Atas peristiwa yang dialaminya, dia pun melapor ke Polres Karawang pada Senin (19/9) malam dengan nomor laporan STTLP/1749/IX/2022/SPKT.RESKRIM/POLRES KARAWANG/POLDA JAWA BARAT.

Terkait dengan keterangan Gusti, salah seorang Tim Pengacara Terlapor, Simon Fernando Tambunan SH menyampaikan kalau keterangan yang disampaikan oleh Gusti adalah kabar atau informasi bohong yang dinilai memicu terjadi keonaran.

“Sebelumnya kami mohon maaf, bukan bermaksud menggurui atau mengarahkan kawan-kawan jurnalis, kami hanya menyampaikan klarifikasi tentang fakta yang sebenarnya,” kata Simon.

Dikatakan, klarifikasi ini agar penanganan kasus tersebut menjadi terang benderang ‘duduk’ persoalannya’. Hal itu juga disampaikan agar tidak ada kepentingan pribadi yang dibungkus dengan profesi seseorang.

“Kami sudah mengambil langkah pro justitia, membuat laporan terkait kabar atau informasi palsu yang mengakibatkan keonaran,” kata Simon.

Tim Kuasa Hukum Terlapor lainnya, Eka Prasetya, mengatakan, pihaknya mengambil langkah pro justitia agar penyidik Satreskrim Polres Karawang objektif dan melihat perkara (peristiwa) itu secara utuh.

“Jadi kami melaporkan yang bersangkutan (Gusti) ke Polres Karawang terkait kabar bohong yang memicu keonaran sebagaimana diatur dalam pasal 14 KUHP,” katanya, sambil menunjukkan laporan polisi bernomor STTLP/1795/IX/2022/SPKT/POLRES KARAWANG/POLDA JAWA BARAT.

Pasal 14 KUHP sendiri berbunyi barang siapa, dengan menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong, dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya sepuluh tahun.

Check Also

Lantik 150 PPK Pilkada, Ketua KPU Minta Semua Tegak Lurus Dalam Tugas

Karawangplus.com – Sebanyak 150 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *