Lantik 150 PPK Pilkada, Ketua KPU Minta Semua Tegak Lurus Dalam Tugas

Karawangplus.com – Sebanyak 150 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karawang 2024 di lantik oleh Komisi Pemilihan Umum kabupaten Karawang di Swiss-Belinn Karawang, pada Kamis,(16/5/2024).

Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Jajaran Komisioner KPU Karawang, Bupati Karawang Aep Syaepuloh, Kapolres Karawang AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Kajari Karawang Syaifullah, Dandim 0604 Karawang Letkol Inf Dede Hermawan.

Ketua KPU Karawang Mari Fitriana mengungkapkan jika 150 orang PPK tersebut nantinya akan bertugas di 30 Kecamatan di Karawang.

Mari juga memperkenalkan maskot Pilkada 2024 berupa maskot khas Karawang. Yakni Hayam Ciparage. “Ciparage sendiri kami artikan sebagai Ciptakan Pilkada Aman, Rakyat Gembira. Sebuah komitmen kita semua memastikan pesta demokrasi berjalan dengan baik aman, lancar dan kondusif,” kata dia.

Lebih lanjut, mengenai komposisi PPK Pilkada ini, Mari mengatakan ada beberapa wajah baru dalam susunan anggota PPK pada Pilkada 2024 ini.

“Ada beberapa wajah baru dalam susunan PPK dalam pelaksanaan Pilkada 2024 ini. Tapi, ada juga yang lama, yang sudah menjadi PPK saat Pilpres 2024 kemarin. Insya Allah, mereka adalah yang terbaik setelah melalui tahapan seleksi yang ketat,” ungkapnya pada Kamis, (16/5/2024).

“Untuk jumlahnya masih kita data, yang jelas tidak semuanya baru, masih ada anggota PPK yang lama,” tuturnya.

Selain itu, Mari juga menyebut dalam susunan anggota PPK dalam pelaksanaan Pilkada ini jumlah anggota perempuannya lebih sedikit dari Pilpres kemarin. “Lebih sedikit dari Pilpres kemarin, hanya sekitar 15 orang dari total 150 orang anggota PPK saat ini,” ujarnya.

Dengan adanya beberapa indikasi kecurangan di tingkat PPK pada Pilpres dan Pileg kemarin, Mari menegaskan pihaknya tidak akan segan memberikan sanksi tegas jika mendapati kejadian serupa.

“Kali ini enggak ada ampun, kita akan berikan sanksi berat kepada anggota maupun ketua PPK jika ditemukan adannya indikasi kecurangan,” tegasnya.

“Dan kejadian kemarin kita jadikan pelajaran, jadi bahan evaluasi kita juga, dengan harapan Pilkada ini bisa berlangsung dengan lancar dan tetap menjaga integritas,” pungkasnya.

Check Also

Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Gelar Turnamen Badminton Sebagai Upaya Promosi Kampus

Karawangplus.com- Kampus STIE dan STTK Budi Pertiwi Karawang menggelar turnamen terbuka bulu tangkis di Gor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *