Hore…Dishub Karawang Buka Pelayanan Uji KIR Sampai Sabtu

Pelayanan Pengujian KIR akan dibuka pada hari Sabtu.

Karawangplus.com – Kabar gembira, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang pada Desember mendatang akan membuka layanan pengujian KIR hingga hari Sabtu.

Layanan pengujian KIR pada hari libur ini menjadi salah satu upaya Dishub untuk meningkatkan kesadaran pengendara angkutan orang dan barang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya melakukan uji kendaraan secara berkala. Karena saat ini Dishub Karawang mencatat sebanyak 50 persen angkutan di karawang ‘malas’  uji KIR secara berkala per 6 bulan.

“Kita berencana akan membuka pelayanan uji KIR dihari sabtu, “ujar Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Arief Bijaksana.

Lanjut kata dia, tingginya persentase pengendara angkutan orang dan barang ‘malas’ melalukan uji KIR lantaran mereka terbentur aktivitas sehari – sehari. ” Jadi salah satu faktornya, supir itu nanti rugi kalo dia uji KIR hari biasa. Karena tidak beroperasi, makanya kita akan buka layanan dihari libur,” serunya.

Nah, jika anda mau menikmati pelayanna uji KIR dihari sabtu ini, anda harus mendaftar terlebih dahulu dihari sebelumnya melalui aplikasi yang sudaj disiapkan. Untuk mendapatkan nomor antrian penujian KIR. Karena Arief khawatir akan ada lonjakan tajam dalam pelayanan hari. Libur tersebut.

“Selain itu kita coba, daftar terlebih dahulu melaui aplikasi yang kita siapkan. Karena kita khawatir akan membludak, makanya kita batasi melalui daftar online,” serunya.

Layanan uji KIR dihari sabtu ini rencananya akan diberlakukan pada 1 Desember mendatang. Dan saat ini, peraturan bupati yang mengatur hal tersebut sedang disiapkan. “Kita mulai 1 Desember dan jam kerja seperti biasa. Termasuk peraturan bupatinya sedang kita siapkan,” tegasnya.

Selain itu, dalam pelayanna uji KIR nantinya Dishub juga akan memberikan pelayanan tambahan. Seperti, adanya pemberian eduakasi kepada pengemudi didalam tertib berlalu lintas. “Kemudia  nanti sambik nunggu mobilnya di KIR, kita kasih edukasi lalu lintas melalui audio visual TV, maupun edukasi yang kita tempel di seputaran ruang tunggu,” urai dia.

Diharapkan, dengan adanya layanan ini pengendara angkutan orang atau barang ini sadar akan pentingnya faktor keselamatan dalam berkendara. Karena pengujian KIR ini menjadi salah salah satu faktor penting dalam menjaga keselamatan berkendara.” Tujuan kita untuk keselamatan, agar kendaraan itu terlihat layak atau tidaknya beroperasi,”tandasnya.

Check Also

DPRD Karawang Minta Dishub Tindak Tegas Kendaraan Nakal yang Ogah Uji KIR

Karawangplus.com – Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Karawang, H. Endang Sodikin meminta Dinas Perhubungan (Dishub) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *