Edan! Kopi Karawang Sabet Juara 1 Robusta Terbaik di Jawa Barat

Karawangplus.com – Cita rasa kopi Karawang tak bisa dipandang sebelah mata. Dalam kontes kopi terbaik yang digelar Pemprov Jabar, Kopi Robusta Karawang menyabet juara 1 terbaik di Jawa Barat.

Tangan berskill tinggi Tanu Wijaya sang peracik kopi menceritakan bagaimana ia menginisiasi kopi dari Karawang dalam kontes kopi terbaik yang digelar Pemprov Jabar.

Pemilik Kedai Depan Rumah itu mengisahkan, selama ini kopi Karawang jarang dilirik dengan serius. Padahal, kopi dari daerah tersebut memiliki potensi yang tinggi.

Tanu Wijaya kemudian berinisiatif untuk melakukan sortir kopi jenis robusta yang ia dapatkan secara mandiri dari para petani.

Dari jauh-jauh hari sebelum Pemprov Jabar melakukan pencarian biji kopi untuk dipamerkan di ajang World of Coffee di Milan pada 23-25 Juni mendatang.

“Jauh sebelum adanya pembukaan seleksi kopi di Jawa Barat untuk acara World of Coffee di Milan pada 23 sampai dengan 25 Juni 2022 saya sudah sering menggunakan kopi robusta Karawang, dan saya pikir kopi Karawang ini bisa dikenal luas hingga saya secara mandiri mengolahnya menjadi kopi yang berkualitas,” ujarnya.

Kemudian, dari proses yang cukup menguras tenaga dan pikiran, Tanu mengirimkan sampel kopi Karawang dan pada Selasa (7/6/2022) melalui laman Instagram resmi @petanimilenialjawabarat mengumumkan kopi robusta Karawang menjadi kopi robusta nomor satu di Jawa Barat dengan perolehan nilai tertinggi yakni 83,625.

“Saya habis waktu kurang lebih 2 hari secara manual menyortir green bean robusta Karawang, lalu dikirimkan sampelnya,” ujarnya.

Ia bersyukur jerih payahnya telah menghasilkan kopi terbaik di Jawa Barat. “Akhirnya perjuangan saya mengolah biji kopi robusta Kopi Karawang dikenal dalam kesunyian meski menjadi nomor satu di Jawa Barat,” jelas dia.

Namun informasi terakhir yang diterima redaksi, Tanu batal berangkat ke Milan karena masalah teknis. Beredar kabar, pembatalan Tanu ke Milan karena petani enggan menyortir kopi Karawang yang akan dipamerkan. (aip)

Check Also

Hore, Tunjangan Kepala Desa Naik Lagi

Karawangplus.com – Para kepala desa di Kabupaten Karawang di tahun 2022 ini mendapatkan kenaikan tunjangan …

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!