Dua Minggu Operasi Lodaya, Ribuan Pelanggar Kena Jepret Kamera Tilang di Karawang

Karawangplus.com – Satuan Lalulintas Polres Karawang mencatat prestasi gemilang selama periode pelaksanaan Operasi Patuh Lodaya 2023 yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 23 Juli.

Dengan menggunakan teknologi canggih ETLE Mobile, pihak berwenang berhasil mengambil tindakan tegas terhadap ribuan pelanggaran lalu lintas. Operasi Patuh Lodaya dilakukan dalam upaya meningkatkan disiplin berlalu lintas di wilayah hukum Polres Karawang.

Kepala Seksi Humas Polres Karawang, Ipda Herawati, mengungkapkan bahwa selama dua minggu operasi berlangsung, total 2.898 pelanggaran lalu lintas berhasil ditindak.

Inovasi yang menjadi andalan dalam operasi kali ini adalah teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile.Teknologi canggih ini memberikan kemampuan kepada petugas untuk mendeteksi dan menindak pelanggaran lalu lintas secara efektif, tanpa perlu menyita barang bukti fisik.

“Penggunaan ETLE Mobile membantu kami dalam melakukan penindakan terhadap berbagai jenis pelanggaran, terutama oleh pengendara sepeda motor. Pelanggaran seperti tidak menggunakan helm dan melawan arus menjadi sorotan utama selama operasi berlangsung,” jelas Ipda Herawati.

Data dari Dashboard ETLE Lodaya mencatat dua jenis pelanggaran yang paling dominan terjadi selama operasi. Pelanggaran tidak menggunakan helm, sebagaimana diatur dalam Pasal 291, mencatatkan 848 kasus. Sementara itu, pelanggaran melawan arus, sesuai Pasal 287, juga signifikan dengan 654 pelanggaran.

Keberhasilan Operasi Patuh Lodaya ini merupakan bukti nyata efektivitas teknologi dalam penegakan hukum.ETLE Mobile tidak hanya mempermudah proses identifikasi pelanggaran, tetapi juga memungkinkan penindakan yang lebih cepat dan tepat sasaran.

Selain itu, penggunaan teknologi ini juga berdampak positif terhadap kelancaran lalu lintas, mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat pelanggaran, serta memberikan pesan kepada masyarakat akan pentingnya patuh terhadap aturan berlalu lintas.

Dengan prestasi gemilang ini, Polres Karawang memberikan contoh yang baik bagi kepolisian lainnya untuk mengadopsi teknologi canggih guna menciptakan keamanan dan ketertiban dalam berlalu lintas. Operasi Patuh Lodaya 2023 telah menegaskan bahwa inovasi dan teknologi menjadi kunci untuk mencapai kesuksesan dalam menjaga ketertiban di jalanan.

Check Also

Idul Adha 1445 H, Lapas Karawang Sembelih 3 Ekor Sapi

Karawangplus.com – Di Hari Raya Idul Adha 1445 H ini, Lapas Kelas IIA Karawang gelar …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *