Home / Pemerintah / Dishub Karawang Uji Kelayakan Bus dan Buru Supir Mabuk

Dishub Karawang Uji Kelayakan Bus dan Buru Supir Mabuk

Supir bus dilakukan tes urine dan cek kesehatan.

Karawangplus.com – Untuk meminimalisir resiko kecelakaan, Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang menggelar uji kelayakan dan memburu supir mabuk dengan melakukan tes urine bagi supir bus di terminal Klari.

“Hari ini 40 awak kendaraan yang di test urine,” ujar Kadishub Karawang Arief Bijaksana kepada Karawangplus.com, Jum’at (8/6).

Tes urine ini dilakukan untuk memburu supir bus yang tidak layak untuk mengemudi akibat mengkonsumsi narkoba, ataupun mengalami gangguan kesehatan lainnya. Tak hanya melakukan tes urine terhadap supir bus, Dishub Karawang juga melakukan uji kelayakan bagi bus yang hendak melakukan perjalanan mudik. “Hari ini saja kita cek 10 unit, dan 1 unit tidak laik jalan karena kaca depannya pecah,” beber dia.

Nampaknya Dishub karawang tidak main – main dalam hal antisipasi resiko kecelakaan saat mudik lebaran tahun ini. Tercatat selama 3 hari sebelumnya, Dishub sudah melakukan uji kelayakan bagi 40 bus, dan 11 diantaranya dinyatakan tidak laik jalan. Lantaran adanya kerusakan kopling, permasalan ban hingga palu pemecah kaca yang tidak ada. “Selama 3 hari kemarin, Kita uji kelayakan langsung ke PO bus,” tegasnya.

Petugas melakukan uji kelayakan bus.

Maka dari itu, Arief meminta kepada perusahaan penyedia jasa angkutan untuk memperbaiki bus tersebut, sebelum beroperasi. Dan tidak nekat menyediakan bus tidak laik jalan yang dapat membahayakan penumpang.

“Untuk itu Perusahaan Otobus berkewajiban melengkapi atau memperbaiki kekurangan – kekurangan hasil ram check yang kita lakukan untuk menjaga keselamatan dalam perjalanan,” tandasnya.

Check Also

Dua Pejabat Baru Eselon II Resmi Dilantik Bupati

Karawangplus.com – Setelah melewati sejumlah tahapan seleksi, akhirnya Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana resmi melanti Asep …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!