Dinkop UMKM dan Disparbud Diminta Lebih Proaktif dan Inovatif Kelola Potensi Karawang

Karawangplus.com – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Karawang, Mahfudin, menyoroti kebutuhan mendesak akan inovasi dalam pengembangan ekonomi kerakyatan. Menurutnya, organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, terutama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM), serta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar), harus lebih proaktif dalam menciptakan solusi inovatif.

Mahfudin menegaskan bahwa pemberian bantuan modal kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bukanlah satu-satunya solusi yang efektif. Lebih dari itu, penting untuk mengoptimalkan segala potensi yang ada, termasuk pengembangan sektor pariwisata.

Dalam pandangannya, kedua OPD ini harus menunjukkan komitmen nyata dalam menyusun program-program inovatif yang terfokus pada pengembangan ekonomi kerakyatan, khususnya pada tahun 2024.

Disparbud diharapkan mampu memanfaatkan potensi pariwisata yang melimpah di Kabupaten Karawang untuk menarik lebih banyak pengunjung. Pertumbuhan jumlah pengunjung diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi lokal secara signifikan.

Kabupaten Karawang dikenal memiliki beragam potensi wisata yang meliputi pantai, pegunungan, situs sejarah, dan destinasi religi. Mahfudin menegaskan bahwa pengembangan potensi-potensi wisata ini memiliki dampak besar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat setempat, asalkan dikelola secara efisien dan berkelanjutan.

Selain itu, Mahfudin juga menyoroti urgensi penyusunan program-program realistis yang mampu memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat. Dalam konteks pasca pandemi, di mana banyak masyarakat terdampak secara ekonomi, bantuan dari pemerintah melalui program-program inovatif sangat diharapkan untuk membantu memulihkan ekonomi mereka.

Mahfudin menegaskan bahwa pihak legislatif siap memberikan dukungan penuh terhadap program-program inovatif yang diajukan oleh OPD terkait, terutama yang bertujuan untuk mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Dengan demikian, upaya bersama antara pemerintah daerah, legislatif, dan masyarakat sangat diperlukan untuk menciptakan solusi inovatif yang mampu mengangkat kesejahteraan ekonomi masyarakat Kabupaten Karawang ke tingkat yang lebih baik.

Check Also

Ujicoba Lawan Persikas, Persika 1951 Bawa 26 Pemain ke Subang

Karawangplus.com – Malam ini Sabtu 30 Maret 2024, skuad laskar jawara akan melakoni laga tandang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *