Cetak Sejarah, Mari Fitriana Jadi Ketua KPU Karawang Perempuan Pertama

Karawangplus.com – KPU Karawang kini resmi memiliki nahkoda baru. Setelah dilantik kemarin, 5 anggota penyelenggara pemilihan umum ini menggelar rapat pleno untuk memutuskan siapa Ketua KPU Karawang yang baru. Setelah diskusi internal, kelimanya sepakat mengusung Mari Fitriana sebagai Ketua KPU Karawang yang baru periode 2023-2028.

Mari Fitriana bukanlah sosok sembarangan. Ia besar dan matang dalam ruang organisasi kemahasiswaan tertua dan terbesar di Indonesia.

Ia lahir sebagai kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Karawang. Jenjangnya dititi sejak mulai Latihan Kader (LK) 1 Tahun 2002, lalu Latihan Kader Kohati (LKK) Tahun 2003, dan Latihan Kader (LK) II Tahun 2004.

Mari Fitriana berproses matang di komisariat dan cabang hingga karir di HMI nya memuncak tatkala ia menduduki posisi jabatan Ketua Umum HMI Cabang Karawang Periode 2005-2006.

Ia memecahkan rekor sebagai wanita pertama yang terpilih sebagai Ketua Umum HMI Cabang Karawang yang sampai saat ini belum ada lagi penerusnya.

Di bidang penyelenggaraan pemilu, Mari tercatat sebagai anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Telukjambe Timur. Saat seleksi komisioner KPU kabupaten kemarin, Mari ikut berkompetisi dan memenangkan persaingan tersebut.

Terpilihnya Mari sebagai Ketua KPU tak ayal Dejavu bagi dirinya. Sebab sepanjang sejarah, baru kali ini pula KPU Karawang dipimpin oleh seorang perempuan. Dua kali sudah Mari memecahkan rekor sebagai pemimpin perempuan pertama di dua lembaga berbeda.

Yang lebih menakjubkan, penobatan Mari sebagai Ketua KPU Karawang terjadi di tengah proses tahapan yang sedang berjalan.

Bagi Mari, apapun kondisinya, tugas tetap harus dijalankan dengan sebaik mungkin. Karena menurut dia, hal tersebut sudah menjadi konsekwensi dari tugas dan jabatan yang diembannya.

“Seperti yang diucapkan Ketua KPU Pusat, Pak Hasyim Asy’ari, saat ini kita bukan lagi sedang berlari, melainkan sedang sprint, berlari cepat. Karena kita sedang mengejar tahapan-tahapan yang sedang berjalan,” ujar Mari, saat dihubungi media ini, Selasa 31 Oktober 2023.

Beberapa agenda yang harus dilakukan dalam waktu dekat, kata Mari, adalah penetapan daftar calon cepat (DCT). “Itu dilakukan pada tanggal 3 dan 4 November 2023,” ucap Mari.

Kemudian, lanjut dia, sebagai Ketua KPU Karawang yang baru, dia bersama para komisioner KPU Karawang yang lainnya akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder terkait.

“Karena hal tersebut perlu dilakukan. Semuanya kita kebut. Hari ini saya di Jakarta sedang rakor finalisasi pengisian data calon anggota DPRD kota/kabupaten. Outputnya, diantaranya persiapan DCT kemudian melakukan pengecekan, validasi ketepatan penulisan nama dan gelar,” ujar Mari.

Terkait pelaksanaan Pemilu 2024, Mari menyampaikan harapan agar terlaksana dengan baik, menjadikan Pemilu berkualitas, lancar, kondusif, tanpa sengketa.

Seperti diketahui, lima komisioner KPU Karawang periode 2023-2028 sudah dilantik oleh KPU RI di Jakarta, Senin lalu. Kelimanya adalah Mari Fitriana, Ahmad Subhi, Ikmal Maulana, Kasum Sanjaya, dan Putra Muhammad Wifdi Kamal.

Usai dilantik, KPU Karawang langsung menggelar rapat pleno perdana di sekretariat KPU. Hasilnya, para komisioner KPU Karawang yang baru ini sepakat memilih Mari Fitriana sebagai ketua.

Check Also

Kembali Gelar Semarak Ramadan, PT Pind Deli Bagi Ribuan Takjil dan Salurkan Zakat Para Karyawan

Karawangplus.com – Dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah, Management PT Pindo Deli kembali …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *