Bertekad Kurangi Beban Jalupang, Bupati Ingin TPST Ada di 30 Kecamatan

Karawangplus.com – Menindaklanjuti kunjungan pengelolaan sampah pekan lalu ke Banyumas, Bupati Karawang Haji Aep ditemani Dandim 0604 Karawang Letkol Inf. Dede Hermawan meninjau ke Tempat Pembuangan Sampah Terpadu Cirejag Kecamatan Jatisari.

TPST Cirejag ini aktif melayani pengelolaan sampah yang berasal dari 4 desa. Yaitu Cikalong, Jatisari, Cirejag dan Situdam.

Dengan rata-rata timbunan sekitar 3,8 ton per hari, dan rincian 1,7 ton sampah organik, material daur ulang 577 Kg, serta sampah residu 1,5 ton.

“Saya ditemani kepala desa Cirejag dan Kepala pengelola TPST berkeliling meninjau satu per satu fasilitas pengelolaan. Mulai dari pemilahan sampah, pembakaran, hingga peleburan budidaya maggot,” kata bupati.

Kedepan, sambung Haji Aep, pemerintah daerah berupaya agar instalasi seperti TPST ini bisa tersebar di seluruh kecamatan. “Dengan demikian, akan ikut mengurangi beban berat TPA Jalupang yang kian melebihi kapasitas,” tandasnya.

Selain itu, efek domino lainnya akan terwujud. Dengan pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan, sampah – sampah yang dikelola ini bisa menghasilan komoditas baru bernilai ekonomis dan membawa manfaat untuk masyarakat sekitar.

Check Also

Mabigus dan Gugus Depan Gerakan Pramuka Resmi Dilantik Lapas Karawang

Karawangplus.com – Lapas Kelas IIA Karawang menggelar Pelantikan dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus atau sering …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *