Home / Metro / Asyik…Denda Pajak dan Bea Balik Nama Gratis di Samsat Karawang

Asyik…Denda Pajak dan Bea Balik Nama Gratis di Samsat Karawang

Kepala Samsat wilayah Kabupaten Karawang N. Ida Hamidah.

Karawangplus.com – Para pemilik kendaraan bermotor di Karawang bisa menikmati program Bebas BBNKB ke-2 dan Denda PKB saat pembayaran pajak di Kantor Samsat.

Program itu diluncurkan berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 973/147-Bapenda Tentang Pemberian Pembebasan Pokok dan Sanksi Administratif berupa Denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) atas Penyerahan Kedua dan Seterusnya, serta Pembebasan Sanksi Administratif berupa Denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kebijakan Gubernur Jawa Barat itu akan berlaku berlaku mulai 1 Juli sampai 31 Agustus 2018. Program ini berlaku bagi pemilik kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Kebijakan ini akan berlaku berlaku mulai 1 Juli sampai 31 Agustus 2018,” kata Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah wilayah Kabupaten Karawang N. Ida Hamidah.

Ida mengatakan, tak hanya itu program tersebut diluncurkan oleh Guburnur Jawa Barat karena melihat banyak orang yang melakukan jual beli kendaraan, tetapi banyak pula yang belum melakukan balik nama kepemilikan.

Menurut dia, Pembebasan BBNKB Ke-2 dan denda PKB juga ditujukan untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Untuk penyelenggaraan tahun ini, Ida menargetkan angka Rp 17 miliar. “Karawang itu memiliki potensi pendatan luar biasa, tercatat ada 8.900 kendaraan potensi kita. Dan sebanyak 35 persen itu nunggak pajak. |Maka dari itu, kita targetkan 17 miliar tahun in,” tandasnya.

Maka dari itu kata Ida, Pembebasan BBNKB dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan proses balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua dan seterusnya di Jawa Barat. Untuk pembebasan denda PKB, diberikan kepada seluruh masyarakat yang melakukan proses pembayaran pajak tahunan kecuali untuk kendaraan bermotor baru.

“Itu dibebaskan khusus untuk kendaraan kedua, tetapi untuk PKB dibebaskan dendanya saja, jadi pokoknya tetap bayar,” katanya.

Check Also

Demi e-KTP Rela Antri Sejak Subuh, Warga Diminta Bersabar

Karawangplus.com – Antusiasme masyarakat karawang untuk bisa memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik atau e-KTP …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!