Pemkab Karawang Gelar Uji Kompetensi Calon Pejabat Tinggi

Karawangplus.com – Sebanyak 17 pimpinan tinggi pratama mengikuti kegiatan uji kompetensi pejabat tinggi pratama Pemkab Karawang, di Hotel Brits Karawang. Senin 5 Februari 2024 pagi.

Uji kompetensi ini dibuka langsung oleh Bupati Karawang, H Aep Syaepuloh SE dan bekerja sama dengan tim asesor BKN, BKN Provinsi Jawa Barat, Inspektorat Jawa Barat, akademisi dan Sekretariat Daerah Kabupaten Karawang.

Bupati mengatakan, Kabupaten Karawang merupakan daerah yang memiliki potensi di berbagai sektor. Untuk itu, Pemkab harus memiliki pejabat yang memiliki kompetensi sesuai dengan tempat dan jabatannya. “Kita ada sistem merit untuk kompetensi ASN Karawang. Salah satunya dengan rotasi dan mutasi. Jadi, Karawang daerah maju harus diiringi dengan kemajuan kemampuan dari ASN-nya,” ucap Bupati Karawang.

Tak lupa, sebagaimana amanah UU ASN, Pejabat Pembina Kepegawaian wajib melaksanakan sistem merit dalam pelaksanaan kewenangannya.

Dalam mengisi kekosongan jabatan, saya harus mempertimbangkan berbagai hal. Termasuk sistem merit yang mengatur pengisian jabatan melalui tiga cara. Yakni seleksi terbuka, manajemen talenta, serta rotasi dan mutasi. “Alhamdulillah, berkat upaya kita semua itu, Karawang mendapat pengakuan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebagai salah satu kabupaten kota dari 20 daerah terbaik yang menerapkan sistem merit di Indonesia dengan skor 3,34,” tandasnya.

Melalui uji kompetensi yang sedang dilakukan inilah, pemda berkomitmen untuk terus berfokus pada reformasi dan birokrasi dalam pengelolaan SDM ASN yang berkualitas.

Bupati menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang kini tengah menjalani uji kompetensi yang akan mengukur kemampuan dan potensi jabatan. “Selamat mengikuti uji kompetensi, berikan yang terbaik, tunjukan bahwa teman-teman layak dan kompeten mengemban amanah jabatan tinggi pratama,” tutupnya.

Check Also

25 Tahun tak Layak Pakai, Kantor Desa Dengklok Utara Akhirnya Diresmikan

Karawangplus.com – Bupati Karawang H Aep Syaepuloh SE baru saja meresmikan kantor desa Rengasdengklok Utara …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *