Home / Profil / Budidaya Rumput Laut Terus Menggeliat di Karawang

Budidaya Rumput Laut Terus Menggeliat di Karawang

Kelompok Budidaya rumput laut.

Karawangplus.com – Dinas Perikanan Kabupaten Karawang terus berupaya untuk meningkatkan produksi budidaya rumput laut di Karawang.

Rumput laut merupakan salah satu komoditas potensial yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Budidaya rumput laut tergolong usaha yang rendah teknologi dan proses produksi yang relatif singkat serta pangsa pasar yang masih terbuka luas.

Bahkan, sampai saat ini sebagian hasil rumput laut di Indonesia masih dieksport dalam bentuk rumput laut kering, dilain pihak Indonesia sendiri masih mengimport hasil olahan rumput laut untuk keperluan industri.

Oleh karena itu, Dinas Perikanan Kabupaten Karawang terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan produksi budidaya rumput laut, dengan cara budidaya terpadu (Polykultur). Dengan membentuk sejumlah kelompok, dan diberikan wawasan terkait budidaya rumput laut akhirnya kelompok tersebut semakin maju.

Budidaya rumput laut kian menggeliat,

Perkembangan teknologi budidaya menunjukan bahwa rumput laut dapat dibudidayakan bersama ikan bandeng, kepiting soka, penggemukan kepiting bakau dalam satu tambak. Sistem budidaya polykultur (terpadu) ini dapat meningkatkan efesiensi penggunaan lahan dan pendapatan pembudidaya secara berkesinambungan.

Budidaya polykultur ini didasari atas prinsip keseimbangan alam (Budidaya Ramah Lingkungan). Rumput laut akan berfungsi sebagai penghasil oksigen, menjernihkan air tambak, memperbaiki kualitas air dan tempat berlindung bagi ikan dan udang dari predator, fungsi lain dari rumput laut adalah sebagai penyerap racun-racun yang terkandung didalam air tambak (Biofilter). Budidaya polykultur ini disatukan dalam satu kolam tanpa mengganggu satu sama lainnya bahkan saling menguntungkan, sehingga dapat memaksimalkan produksi dan penghasilan pembudidaya.

Rumput laut yang ditanam akan menghasilkan kelekap yang merupakan makanan bagi ikan bandeng, sedangkan bagi kepiting lingkungan sekitar rumput laut merupakan habitat yang baik karena kualitas air tambak yang bening dan bersih juga sebagai penyedia makanan plankton-plankton dan jasad renik. Adapun jenis rumput laut yang dibudidayakan di tambak adalah jenis Gracillaria Sp yang banyak digunakan untuk pembuatan agar agar.

Check Also

Belajar PPG, Rombongan Dewan Komisi IV Lakukan Kunker ke Subang

Karwangplus.com – Rombongan Komisi IV DPRD Karawang melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Subang untuk menimba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Maaf anda tidak di ijinkan untuk menyalin isi berita ini !!