BPBD Karawang Menghimbau Agar Tetap Waspada Dengan Gempa Sesar Baribis dan Banjir di Karawang

Karawangplus.com – Ramai jadi perbincangan Gempa Sesar Baribis karena disebut berpotensi menimbulkan gempa Jabodetabek skala megathrust. Bahkan sekalipun kecil, dampaknya bisa semengenaskan seperti gempa di Turki. Gempa Sesar Baribis membentang dari Kabupaten Purwakarta sampai perbukitan Baribis di Kabupaten Majalengka dengan panjang sekitar 100 kilometer. Juga melintasi Purwakarya, Karawang, Bekasi hingga Jakarta.

Kepala Pelaksana BPBD Karawang Drs, Mahpudin, M.Si menghimbau agar seluruh masyarakat ntuk selalu waspada, siap siaga menghadapi berbagai potensi bencana baik potensi bencana gempa, banjir, hujan intensitas tinggi disertai angin kencang dengan tetap tenang dan tidak panik.

“Kami dari BPBD Karawang akan selalu memberikan informasi terkait berbagai potensi kebencanaan kepada masyarakat melalui media sosial maupun yang lainnya dengan bantuan rekan media untuk mengedukasi dan mitigasi ancaman kebencanaan,” ucapnya.

Masih lanjut mahpudin, walaupun secara fakta lapangan belum terjadi pihaknya tetap menghimbau karena ancaman seperti ini tidak boleh disepelekan.

“Kami akan berupaya seefektif mungkin untuk mengedukasi memitigasi ancaman gempa itu. Jadi kebetulan ada warning dan ini menjadi perhatian bersama,” ujarnya.

Adapun dengan dilandanya hujan selama hari ini dan 2 hari kebelakang Karawang diguyur hujan masyarakat Karawang untuk tetap waspada dan siaga.

“Kami melalui keputusan Bupati terhitung dari bulan oktober sampai maret masuk dalam siaga bencana karena termasuk kedalam tataran siaga bencana khususnya bagi warga yang berada di bantaran sungai-sungai besar dimulai dari citarum, cibeet, cilamaya tetap waspada karena intensitas hujan cukup tinggi,” pungkasnya.(aip)

Check Also

Ketua DPRD Karawang Lepas Keberangkatan Perdana Jamaah Haji

Karawangplus.om – H.Budianto Ketua DPRD Karawang hadiri kegiatan Pelepasan Keberangkatan Jemaah Haji Kloter 05 Kab. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *